Mengintip Besaran Gaji Sipir Penjara Lulusan SMA di Kemenkumham

Ardana Abiputra
Mengintip Besaran Gaji Sipir Penjara Lulusan SMA di KemenkumhamCategory: Sasaran Kinerja PNS (SKP)Mengintip Besaran Gaji Sipir Penjara Lulusan SMA di Kemenkumham
Ardana Abiputra asked 3 months ago

Menjadi penjaga tahanan atau sipir penjara mungkin tak masuk dalam daftar cita-cita yang diinginkan ketika masih anak-anak di sekolah dasar. Tetapi nyatanya, profesi ini banyak diburu para pelamar kerja.

Profesi sipir penjara jadi salah satu kumpulan favorit pada CPNS Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Tahun Anggaran 2019 yg banyak poly diburu pelamar.

Formasi yg dibuka setiap tahunnya pula cukup poly buat ditugaskan di berbagai laembaga pemasyarakatan (LP) maupun tempat tinggal tahanan (rutan) yg tersebut di semua Indonesia.

Syarat buat mendaftar sebagai sipir penjara jua bisa menggunakan ijazah SMA atau sederajat. Lalu, berapa besaran gaji sipir penjara lulusan Sekolah Menengah Atas di Kemenkumham?

Baca juga: Mengintip Besaran Gaji dan Tunjangan Profesi Jaksa

Pada dasarnya, gaji PNS pada seluruh niat puasa asyura Indonesia sama menurut golongan. Yang membedakan total besaran uang yang diterima ( take home pay) PNS di masing-masing kementerian lembaga, termasuk ASN pada pemerintah daerah, yakni besaran tunjangan.

Untuk honor sipir penjara dengan lulusan SMA sederajat, maka masuk golongan II dengan besaran honor per bulannya bervariasi menurut tertinggi Rp 3.820.000 hingga terendahnya Rp 2.022.200.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2019, besaran gaji pokok PNS berjenjang sinkron golongan dan lama masa kerja yang dikenal menggunakan masa kerja golongan (MKG).

Berikut daftar gaji buat golongan II berdasarkan lulusan SMA:

Golongan IIa: Rp 2.022.200 – Rp 3.373.600
Golongan IIb: Rp 2.208.400 – Rp 3.516.300
Golongan IIc: Rp 2.301.800 – Rp 3.665.000
Golongan IId: Rp 2.399.200 – Rp 3.820.000

Sebagai informasi, buat sipir penjara yg masih berstatus CPNS, maka gaji yang diterima baru 80 persen berdasarkan honor golongan IIa dengan masa kerja mulai menurut 0 tahun.
Tunjangan kinerja sipir penjara

Untuk tunjangan sipir penjara diatur dalam Peraturan Menteri Hukum & HAM Nomor 33 Tahun 2015 tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Kinerja Bagi Menteri dan Pegawai pada Lingkungan Kementerian Hukum & HAM.

Besaran tunjangan kinerja atau tukin ini berpedoman dalam kelas jabatan di Kemenkumham. Seorang sipir penjara masuk dalam pembagian terstruktur mengenai kelas jabatan 5 menggunakan besaran tunjangan kinerja sebanyak Rp 3.134.250.

Lalu, selain tunjangan kinerja, sipir penjara dengan status PNS juga masih menerima tunjangan lain yg besarannya lebih kecil dibandingkan tunjangan kinerja.

Tunjangan lain yang bisa didapat PNS diantaranya tunjangan keluarga, tunjangan anak, tunjangan kemahalan, tunjangan perwakilan, tunjangan jabatan, dan uang makan.

Sehingga dengan asumsi besaran gaji plus banyak sekali tunjangan, seorang sipir penjara di Kemenkumham setiap bulannya mampu memperoleh take home pay pada atas Rp lima,5 juta.