• Home
  • berita
  • BKPSDM Taja Sosialisasi Batas Usia Pensiun ( BUP )
berita Pensiun

BKPSDM Taja Sosialisasi Batas Usia Pensiun ( BUP )

Bangkinang (BKPSDM)- Kamis, 27-04-2017 BKPSDM Kabupaten Kampar menaja Sosialisasi Batas Usia Pensiun bersama PT. Taspen dan Bank Mandiri Taspen POS. Acara digelar di AULA Kantor Bupati Kampar, dengan peserta lebih dari 50 orang yang rata-rata merupakan ASN yang akan memasuki usia pensiun. Sosialisasi ini diselenggarakan dengan tujuan membantu para ASN terutama yang akan menghadapi pensiun, agar dapat merencanakan masa pensiunnya dengan baik.

Berkesempatan hadir sebagai pembicara dalam sosialisasi ini adalah Bapak Refriani Roeslai, yang menjabat sebagai Kepala Cabang Taspen. Dalam penyampaiannya, Beliau menjelaskan tujuan pendirian taspen itu adalah menyelenggarakan Program Asuransi Sosial bagi Pegawai Negeri Sipil sebagai bentuk penghargaan dan perlindungan Keuangan dari Negara bagi ASN yang mengakhiri pengabdiannya kepada Negara dan sebagai bekal hidup bagi ahliwarisnya apabila ASN meninggal dunia baik pada masa aktif maupun setelah pensiun. Adapun program PT. Taspen ( Persero ) yang menjadi andalan yaitu Program Tabungan Hari Tua, Program Pensiun, Program Jaminan Kecelakaan Kerja (Perlindungan atas risiko kecelakaan kerja atau sakit akibat kerja berupa perawatan, santunan, dan tunjangan cacat) dan Program Jaminan Kematian (Perlindungan atas risiko kecelakaan kerja atau sakit akibat kerja berupa perawatan, santunan, dan tunjangan cacat).

Pada kesempatan yang sama beliau juga menjelaskan tentang layanan yang ada pada PT. Taspen. Pada dasarnya jenis layanan taspen dibagi menjadi 2, yaitu layanan proaktif dan layanan lainnya. Layanan proaktif itu terdiri dari layanan klim otomastis, mobil layanan taspen, mitra layanan taspen dan service point. Layanan Klim Otomastis maksudnya dokumen persyaratan diurus oleh taspen dan instansi terkait. Artinya peserta tidak lagi mengurus bahan persyaratan sendiri sebagai mana biasanya. Sedangkan Layanan lainnya terdiri dari e-klim, klim online, layanan langsung di KCP.

Sementara itu, yang menjadi pembicara dari pihak Mandiri Taspen POS Pekanbaru adalah Bapak Demas Istiawan. Beliau menjabat sebagai Kepala Mandiri Taspen Pos Pekan baru. Dalam penyampaiannya beliau menerangkan, strategi apa, kapan dan dimana kita harus memulai agar dapat menuai kesuksesan di masa pensiun. Menurut beliau, ada 6 aspek dalam kehidupan manusia yang sangat berpengaruh dalam menghadapi masa pensiun. Diantaranya, 1. SPIRITUAL, 2. KELUARGA, 3. SOSIAL, 4. FISIK, 5. MENTAL, Masa pensiun dapat menimbulkan masalah karena tidak semua orang siap menghadapinya. Pensiun akan memutuskan seseorang dari aktivitas rutin yang telah dilakukan selama bertahun-tahun. 6. FINANSIAL, Jika menginginkan kehidupan yang baik, perencanaan dan pengelolaan finansial sangatlah diperlukan. Masa pensiun bisa dijalani dengan senyum dan kebahagiaan kalau didukung aspek finansial yang bagus.

Terkait dengan Aspek Finansial, beliau menjelaskan program-program yang ada pada Mandiri Taspen POS. Termasuk manfaat yang bisa didapat jika para ASN bergabung dengan Mandiri Taspen POS. Diantaranya Tabungan Simantap, Tabungan dengan setoran wajib bulanan yang memberikan kesempatan kepada Anda untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik. Kredit Pensiun Mantap, Fasilitas kredit dengan bunga kompetitif, persyaratan mudah, pelayanan cepat dengan plafon maksimal Rp. 350 juta dan jangka waktu 15 tahun. Kredit Serba Guna Mantap, Kredit yang diberikan kepada pegawai aktif di lingkungan BUMN/PNS/TNI POLRI yang memiliki penghasilan tetap atau profesi tetap untuk membiayai berbagai macam kebutuhannya dengan mekanisme pembayaran angsuran melalui pemotongan gaji di bendahara.(OP)

Di akhir materinya, beliau mengatakan bahwasanya Bank Mantap siap menjadi mitra untuk dapat meraih masa kesuksesan. Semoga dengan sosialisasi ini para ASN dapat merencanakan dan mempersiapkan diri dengan baik. Sehingga masa pensiun bagi ASN bukan lagi momok yang menakutkan, terangnya. (OP)

Related posts

Ujian Dinas dan Penyesuaian Ijazah TA 2018

herry

Sub Bagian Keuangan

herry

PENGUMUMAN

herry

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.